Bagaimana seharusnya pelaku bisnis menyikapi era society 5.0

Saat ini Indonesia sudah masuk dalam Era Industri 4.0. Meskipun belum secara optimal implementasi teknologi di terapkan dalam sebuah aktivitas bisnis. Tetapi setidaknya sudah ada transformasi teknologi yang telah di jalankan oleh para pelaku bisnis. Lantas yang jadi pertanyaan adalah, setelah Era Industri 4.0, kita akan masuk dalam era Society 5.0. Dimana dalam kondisi tersebut ada beberapa hal yang mesti para pelaku bisnis sesuaikan agar pada saatnya tiba mereka telah siap dengan kondisi tersebut.

Sejatinya ada dua hal yang mesti dilakukan oleh para pelaku bisnis ketika Era Society 5.0 mulai di terapkan dalam dunia bisnis : (1) Pelaku bisnis di tuntut agar bisa lebih cepat dalam menghasilkan sebuah solusi praktis sehingga dapat secara cepat menyelesaikan masalah yang terjadi (2) Pelaku bisnis harus terus menggali informasi serta mampu menciptakan sebuah inovasi baru. Dimana tujuan dari inovasi tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk bisa meningkatkan performance bisnis yang sedang dijalankan.

Melihat kondisi yang terjadi saat ini, dimana kita sebagai pelaku bisnis belum sepenuhnya mengimplementasikan kondisi seperti yang seharusnya di lakukan dalam Era Industri 4.0. Lantas apa saja yang seharusnya di persiapkan oleh pelaku bisnis, agar peralihan teknologi dari Era Industri 4.0 menuju Society 5.0 bisa di jalankan dengan baik !!!